Sabtu, 02 Mei 2015

Kumpulan Kata Mutiara Hikmah Cinta Islami Penyejuk Hati Terpopuler

  1. Bismillahirrahmanirrahim “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan penyayang”
Hikmahnya: Setiap hendak melakukan pekerjaan baik kecil maupun besar harus diawali dengan kata muatiara islam diatas. Allah adalah pemiliki segala alam jagad raya ini dan manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah swt. Sebagai makhluk ciptaan pasti sangat membutuhkan Allah swt dalam melimpahkan seluruh masalah atau problem yang dihadapinya sehingga sebagai manusia agar segala masalah tersebut berberkah maka kata mutiara islam diatas wajib diucapkan. Karena dengan sifat ARRahman dan ARRahim Allah swt maka limpahan karunianya akan selalu tercurahkan kepada makhluknya yang selalu berharap pada penciptanya yaitu Allah swt.

  1. Alhamdulillahirrabbil ‘Alamin “Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam”
Hikmahnya: Allah swt adalah maha pemilik segala kebaikan. Sebagai makhluk ciptaan seyogyanya memuji Allah swt akan segala amal ibadah yang telah dilaksanakan sebagai bukti rasa syukur kita terhadap nikmat hidayah dan kebaikan yang diberikan oleh Allah swt.

  1. Astagfirullahal ‘adzim “Aku memohon ampunan kepada Allah yang maha agung”
Hikmanya: Allah swt maha pemberi ampunan dan kasih sayang. Maka sebagai manusia yang setiap waktunya memiliki kesalahan dan dosa baik yang disengaja maupun yang tak sengaja maka senantiasalah mengucapkan kata mutiara islam tersebut. Ini diamalkan sebagai bentuk pensucian diri terhadap dosa-dosa. Karena dengan begitu maka dosa kita akan dengan sendirinya gugur dan terhapus dengan perkataan tersebut. Oleh karena itu, agar seluruh amal yang telah dilaksanakan dapat bernilai ibadah untuk selalu melantunkan kata mutiara islam diatas.

  1. Insya Allah “Jika Allah Mengijinkan”
Hikmahnya:  Lafadz ini sangat dianjurkan diucapkan jika kita memiliki niat akan melakukan suatu pekerjaan. Selain itu juga diucapkan jika akan berjanji kepada orang lain. Adapun maksud dari kata mutiara islam ini bahwa rancana manusia akan terlaksana atas ijin Allah swt.

  1. Laa hawla wa laa Quwwata illa billah “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali datanganya dari Allah swt.”
Hikmahnya: Sebagai makhluk ciptaan Allah swt yang penuh dengan kelemahan dan kekurangan maka senantiasalah mengucapkan kata mutiara islam diatas, dengan maksud penyerahan diri dalam segala urusan hanya dibebankan sepenuhnya kepada Allah swt.

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun “sesungguhnya aku milik Allah dan sesungguhnya kepadanya aku kembali”
Hikmahnya: semua mahkluk ciptaan Allah swt terutama manusia tidak akan kekal hidup selamanya. Dia akan meninggalkan dunia dan akan kembali kepada penciptanya. Allah swt menciptakan manusia di dunia tidaklah sia-sia. Semuanya penuh perhitungan ataupun pertimbangan. Dan semuanya ini hanya Allah swt yang tahu. Salah satu tujuan manusia hidup didunia ini adalah mengantarkan manusia untuk hidup diakhirat yakni surga dan neraka. Jika amal ibadah lebih berat maka ganjaran adalah surga, dan jika amal dosa lebih berat timbangannya maka ganjaran adalah neraka. Olehnya itu, semua yang ada didunia sesungguhnya akan kembali pada Allah swt.

  1. La ilaha illa Allah Muhammad Rasulullah “Tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah rasul Allah”
Hikmahnya: kalimat mutiara islam ini adalah kalimat tauhid yang sangat sacral maknanya. Dimana kalimat ini bentuk perwujudan seorang hamba terhadap tuhannya yakni Allah swt dan perwujudan ummat islam yaitu pada nabinya Muhammad saw. Kalimat ini wajib dilafadzkan sebelum masuk dalam agama islam. Dan setelah melafazdkannya maka wajib dibuktikan dengan sikap keilmuwan agama dan sikap amalan baik perkataan amaupun perbuatan yang sesuai dengan kitab suci Al-qur’an dan Al-hadits

Tidak ada komentar:

Posting Komentar